Home » » Sekilas Konsep tentang Keuangan Usaha Cafe

Sekilas Konsep tentang Keuangan Usaha Cafe

Sekilas Konsep tentang Keuangan Usaha Cafe. Dalam management keuangan, sebuah upaya ada yang disebutkan laporan cash flow, laporan untung rugi serta neraca. Juga termasuk dalam masalah bisnis kafe. Arus Kas sebagai neraca keuangan yang maknanya laporan dana kas perusahaan yang ada. Atau dapat juga dimaksud pendataan transaksi bisnis keuangan yang memanfaatkan uang cash.

Keuangan Kegiatan Cafe

Laporan Neraca sebagai neraca keuangan yang lihat kesetimbangan asset usaha dengan keharusan sebagai tanggungan. Dalam laporan accounting keuntungan rugi usaha cafe, ada banyak perihal sebagaimana berikut yang dikutip dari Kafe Kolong:

1. PENDAPATAN PENJUALAN

Hasil penghasilan ini dapat berawal dari pemasaran produk pokok dari usaha itu atau pemasaran dari produk sambilan bisa pula disebut pemasaran lain. Di dalam masalah ini usaha cafe, produk yang dijajakan yaitu makanan dan minuman.

Apabila terjadi pemasaran pada minuman dan makanan oleh karena itu ditempatkan dalam pemasaran produk pokok. Sementara itu yang masuk pemasaran sambilan atau lainnya misalkan seperti merchandise atau pemasaran meja dan bangku.

2. HARGA POKOK PENJUALAN

Harga Dasar Pemasaran (HPP) ialah cost yang wajib dikeluarkan saat sebelum produk itu dipasarkan. Semisalnya pembelian minuman sachet, gula pasir, bahan baku, es cream, gelas paket plastic, dan sebagainya.

3. BIAYA OPERASIONAL

Yang terhitung di sini yakni upah pekerja, administrasi upaya (nota penjualan), cost overhead (listrik serta air), ongkos penyusutan, ongkos dibayarkan diawal/ cost sewa bangunan, cost promo atau iklan,ongkos perawatan (bangunan, bangku,meja, dan interior) dan ongkos berlangganan (internet).

4. PERHITUNGAN BEP (BREAK EVENT POINT)

Pada biasanya orang menuturkan kalau BEP atau titik impas yakni perolehan titik 0 di saat melakukan investasi. Maka dari itu diinginkan seusai titik 0 itu bisa menggapai keuntungan dan dihitung berdasar pada waktu bulan atau tahun.

Bila kita mau perhitungkan BEP jadi pengamatan untung rugi yang bisa memastikannya. Tapi kalau ingin mengalkulasi tingkat pengembalian atas investasi kita (Return of Investment), jadi mesti mencermati diagnosis neraca upaya.

 

Sekilas Konsep tentang Keuangan Usaha Cafe

0 komentar:

Posting Komentar